logo
Terdapat 9.833 berita hoax pada database kami. LDII Bali ikut berpartisipasi aktif dalam melawan hoax untuk Indonesia yang lebih baik

[BERITA] “Isi Pidato Yahya Staquf di Yerusalem soal Israel-Palestina”

09 Agustus 2020, 14:51:26
berhubungan dengan post sebelumnya di httpbit.ly2jk0tsk. sumber permintaan post dari salah satu anggota fafhh. referensi 1 httpbit.ly2moeijg, cnnindonesia.com isi pidato yahya staquf di yerusalem soal israel palestina natalia santi, cnn indonesia selasa, 12062018 0640 wib foto dalam pidatonya di yerusalem, yahya cholil staquf menyerukan agar palestina dan israel berdamai. antara fotowahyu putro a jakarta, cnn indonesia kunjungan yahya cholil staquf ke yerusalem menuai kecaman dan kemarahan dari kalangan pembela palestina. meski menyatakan lawatan itu tidak mewakili posisinya sebagai anggota dewan pertimbangan presiden, ataupun nadhlatul ulama dimana dia menjadi sekjen. sejumlah kalangan menyayangkan lawatan yahya yang terjadi di saat israel melibas demonstran palestina di jalur gaza. lebih dari 120 demonstran palestina tewas dan 3.700 lainnya luka luka. dalam pidatonya yang diterima cnnindonesia.com, yahya staquf menyatakan misinya, selain atas nama pribadi sebagai warga muslim, tapi juga menyerukan kepada israel dan palestina untuk menghentikan konflik. berikut pidato yahya di yerusalem saya mengucapkan terima kasih kepada icfr israel council on foreign relations yang telah mengundang saya untuk datang dan berbicara di forum ini. saya terharu. saya, seorang muslim, dari negeri mayoritas muslim terbesar, dari organisasi islam terbesar. di tengah atmosfer yang diwarnai ketegangan, bahkan permusuhan, kebencian dan dendam, anda mengundang saya. anda meminta saya untuk berbicara. dan anda siap mendengarkan. saya terharu. saya tidak melihat makna lain dari ini, selain bahwa anda semua mempunyai niat baik. anda tulus menginginkan jalan keluar dari kemelut ini. anda percaya, atau sekurang kurangnya ingin menguji kepercayaan anda, pada harapan akan perdamaian. dan masa depan yang lebih baik. senyatanya, saya datang kesini bukan atas nama indonesia, negeri asal saya, bukan pula atas nama nahdlatul ulama, organisasi tempat saya mengabdi. saya datang atas nama kegelisahan dan kesedihan saya pribadi. kegelisahan dan kesedihan yang tumbuh diatas kesaksian saya akan penderitaan orang orang palestina. karena penderitaan mereka bukanlah milik mereka sendiri saja. penderitaan mereka adalah juga kekalutan bangsa bangsa arab dan kegalauan dunia islam. dan pada saat yang sama, laksana gambaran di seberang cermin, penderitaan palestina adalah juga keresahan israel dan kegamangan dunia barat. dan kini, setelah berpuluh puluh tahun, semua itu hampir hampir mengarah pada keputusasaan umat manusia. saya tidak tahu, apakah masih ada diantara kita yang menyaksikan sendiri, bagaimana semua ini dimulai. yang jelas, kita semua adalah anak anak dari sejarah yang penuh masalah troubles. sejarah yang diwarnai curiga, kebencian, rasa sakit dan amarah. sejarah yang bergulir diluar kendali kita. rangkaian sebab akibat dari tindakan tindakan diluar keputusan kita. sejarah yang mewariskan kepada kita permusuhan dan ikatan saling menyakiti seolah perjanjian takdir. izinkan saya bertanya apakah kita ingin meneruskan warisan yang sangat tidak nyaman ini kepada generasi mendatang apakah kita senang anak cucu kita merasakan ketidakberuntungan dan sakit seperti yang kita hidupi sekarang sudah berapa lama kita menanggung sakit ini sejak puluhan tahun yang lalu ratusan tahun ribuan tahun kini anda memperingati 70 tahun berdirinya negara israel. baiklah. sudah berapa banyak, sejak 70 tahun yang lalu itu, orang mencoba menghentikan kemelut ini kakek nenek kita bapak ibu kita orang orang besar datang dan pergi. melakukan tindakan tindakan paling berani. berjuang untuk saling mengalahkan atau mendamaikan. dan hari ini, kita masih seperti ini. guru saya, kyai haji abdurrahman wahid, enam belas tahun yang lalu menceritakan pandangan seseorang tentang upaya penyelesaian masalah israel palestina, yang menurut guru saya sangat menarik compelling. menurut orang itu, upaya upaya yang telah dilakukan selama ini hanya mempertimbangkan aspek aspek politik dan militer, melibatkan hanya pemimpin pemimpin politik dan militer, dan terbukti gagal. maka patut dicoba untuk menambahkan unsur baru dalam upaya upaya itu, yaitu unsur agama, dengan memberdayakan inspirasi inspirasi agama dan melibatkan pemimpin pemimpin agama. foto foto reutersmohammed salem korban kekerasan di jalur gaza guru saya melihat gagasan itu sangat menarik. tapi beliau juga melihat masalah besar, bahwa didalam setiap agama itu sendiri terdapat pertentangan pertentangan pandangan, interpretasi, dan madzhab, bahkan pertentangan pertentangan pula diantara para pemimpinnya. maka gagasan itu kelihatan menarik sekali saat diucapkan, tapi pasti sulit sekali untuk diwujudkan. di kedutaan besar israel di washington, dc beberapa minggu yang lalu, seseorang meminta konfirmasi saya mengenai adanya ajaran ajaran islam yang mendorong permusuhan terhadap yahudi. saya tidak menjawab secara langsung pertanyaan itu. saya katakan, saya ingin mencari jalan keluar. dan kalau agama menghalangi jalan keluar, mari kita tinggalkan saja. bukan maksud saya menyarankan agar orang melepaskan diri dan membuang agama. saya sendiri beriman kepada tuhan dan rasul rasulnya ibrahim, musa, isa, muhammad dan semua lainnya. iman yang saya pilih ketimbang nyawa saya. tapi dogma dogma adalah interpretasi. jika suatu interpretasi agama tidak membantu kita memecahkan masalah, mari kita jelajahi interpretasi interpretasi lainnya. dokter mangatakan bahwa obat apa pun tidak akan ada gunanya bagi penderita diabetes dan penyakit jantung, kecuali mereka mengubah gaya hidup dan pola makan. al quran mengatakan sesungguhnya tuhan tidak akan mengubah keadaan suatu kaum hingga mereka mengubah apa yang ada pada diri mereka. jika ditengah perseteruan ini kita terus ngotot memandang pihak lain sebagai musuh, bagaimana mungkin kita mampu melihat peluang bagi perdamaian apa gunanya berbagi ini dan itu, menyepakati ini dan itu, mengatakan ini dan itu, jika kita tak pernah bersedia melepaskan cita cita untuk membasmi lawan apakah kita akan terus bertarung sampai salah satu pihak musnah, walaupun harus selama lamanya hidup dalam kesengsaran jika ingin menghentikan konflik, kita harus menghilangkan sebabnya. kini setiap orang mengklaim bahwa sebab konflik ini adalah ketidakadilan. maka masing masing pihak menuntut keadilan. tapi masing masing punya perhitungannya sendiri sendiri tentang apa yang adil dan apa yang tidak adil. dan konflik pun terus berlangsung tanpa ada ujungnya. izinkanlah saya mengatakan sesuatu yang semua orang sudah tahu tapi entah kenapa enggan mengingatnya, apalagi melaksanakannya. bahwa keadilan bukan hanya soal menuntut, tapi juga soal memberi. maka keadilan tak mungkin terwujud tanpa kasih sayang. orang yang tidak bersedia memberikan kasih sayang tidak mungkin mau mempersembahkan keadilan. ini adalah ruh agama. inilah ruh iman. tidakkah anda melihat kini, bahwa akar konflik ini bukan lagi ketidakadilan, tapi permusuhan. kebencian kepada pihak lain akan senantiasa mendorong anda untuk berbuat tidak adil kepada mereka dan menyakiti mereka. foto foto reutersammar awad ramadan di yerusalem apakah hilangnya permusuhan tergantung pada kepuasan semua pihak akan keadilan bagaimana mungkin sedangkan masing masing punya perhitungan yang berbeda tentang keadilan dan bersikukuh dengan keinginan untuk saling menghancurkan tidak. hilangnya permusuhan adalah soal pilihan. apakah kita memilih dendam atau memaafkan apakah kita memilih kebencian atau kasih sayang apakah kita memilih bertarung hingga musnah atau berdamai dan bekerja sama jelas bahwa pilihan pilihan yang menjadi syarat bagi perdamaian bukanlah pilihan pilihan yang mudah. tapi selama kita tidak mengubah pilihan dari yang selama ini kita jalani, tidak akan ada jalan keluar sama sekali. video o, palestina, dapatkah engkau mengistirahatkan jiwamu dari kemarahan dan dendam o, israel, dapatkah engkau menunda keresahanmu tentang rasa tak aman o, arab, dapatkah engkau merelakan ruang untuk berbagi o, kaum muslimin dan yahudi, dapatkan kalian meletakan rasa saling curiga dan membangun masa depan bersama dengan ruh iman o, dunia dapatkah kalian membuat jeda dari perebutan kuasa dan sumberdaya sumberdaya untuk perduli pada manusia manusia dengan darah dan daging seperti dirimu manusia dengan hati dan jiwa seperti milikmu manusia dengan orang orang yang disayangi seperti engkau dengan kekasih kekasihmu tuhanlah tempat mengadu dan tuhanlah tempat memohon pertolongan dan tiada daya dan kekuatan selain dengan pertolongannya. nat. 2 ajc.org pemimpin organisasi muslim terbesar di dunia menghadiri forum global ajc di yerusalem 14 mei 2018 new york, ny yahya cholil staquf, sekretaris jenderal organisasi muslim terbesar di dunia, nahdlatul ulama nu, akan menghadiri forum global komite yahudi amerika ajc di yerusalem. konferensi empat hari tersebut, 10 13 juni, adalah acara tahunan utama pertama organisasi advokasi global yahudi. kami sangat terhormat untuk menjadi tuan rumah pak yahya dalam perjalanannya yang inovatif ke israel di forum global kami di yerusalem, kata ceo ajc, david harris. ajc, sepanjang sejarahnya, telah memelopori inisiatif antaragama, dengan fokus yang semakin meningkat pada hubungan muslim yahudi. lebih dari 1.600 peserta, termasuk ratusan pemuda yahudi, dari seluruh amerika serikat dan banyak negara lainnya diharapkan menghadiri forum global, pertama kalinya dalam sejarah 112 tahun ajc yang konferensi tersebut diadakan di luar amerika serikat. pak yahya telah menginspirasi banyak orang di indonesia dan di tempat lain dengan karyanya yang mempromosikan pemahaman antara muslim dan non muslim, dan menggarisbawahi visi islam yang toleran dan moderat. organisasi yang dipimpinnya memiliki lebih dari 50 juta anggota dan 14.000 madrasah di indonesia, negara terbesar keempat di dunia dan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia. mereka mematuhi tradisi islam sunni yang mengajarkan bahwa pesan utama islam adalah cinta dan welas asih universal. yahya adalah anggota komisi pemilihan nasional indonesia selama transisi negara dari pemerintahan otoriter ke demokrasi, dan menjabat sebagai juru bicara untuk abdurrahman wahid, kepala negara indonesia pertama yang terpilih secara demokratis. presiden wahid, yang sebelumnya juga pernah menjabat sebagai ketua nu, berbicara dalam forum global ajc pada tahun 2002, di washington, dc dia secara konsisten bekerja untuk dan secara terbuka menganjurkan untuk perdamaian, saling menghormati, dan reformasi. di antara banyak tindakannya yang berani berbicara menentang ekstremisme dan terorisme. dia juga menyerukan indonesia untuk membangun hubungan dengan israel, tujuan yang tidak dapat dipenuhi selama masa jabatan kepresidenannya. ajc, melalui asia pacific institute api, berusaha membantu israel, as, dan komunitas yahudi global memperkuat hubungan dengan indonesia. ajc terlibat secara teratur dengan diplomat indonesia di washington, dc, dan new york, serta dengan masyarakat as indonesia usindo, organisasi non pemerintah utama yang ditujukan untuk mempromosikan saling pengertian antara indonesia dan as. yahya melayani di dewan usindo tentang pluralisme dan toleransi agama, dan ikut memimpin partai kerja kontraterorisme. dia juga adalah direktur urusan agama untuk bayt ar rahmah, sebuah lsm yang berbasis di north carolina yang memfasilitasi perluasan global kegiatan nahdlatul ulama. google translate chrome plugin, dengan penyesuaian seperlunya. tautan ke laman dengan bahasa asli english httpbit.ly2t8a1zt. 3 httpbit.ly2jinxb7, page facebook kasyaf.com kasyaf.comofficial transkrip lengkap wawancara kh. yahya cholil staquf di forum ajc israel diterjemah ke dalam bahasa indonesia oleh alma ashfiya a selamat datang. anda adalah salah satu murid terbaik dari salah satu guru terbaik yang pernah ada, presiden abdurrahman wahid, gus dur. dan ajc sudah berhubungan dengan gus dur sejak 20 tahun lalu. gus dur juga bicara di acara seperti ini, 16 tahun lalu. beliau juga pernah mengunjungi israel sebanyak 3 kali. lalu anda sekarang mengikuti jejaknya. bagaimana perasaan anda b terimakasih atas kesempatan ini. adalah sebuah keberuntungan bagi nu bahwa gus dur meninggal dunia dengan meninggalkan murid murid yang kemudian tumbuh dan mengikuti jejaknya. apa yang selama ini saya dan rekan rekan saya lakukan hanyalah sebatas melanjutkan pekerjaan dari gus dur. a tapi ini bukan sekadar ketersambungan. kehadiran anda di sini memiliki signifikasi tersendiri di mata dunia. bagaimana anda memaknai hal ini b idealisme dan visi yang dimiliki oleh gus dur adalah keberlangsungan umat manusia dalam jangka waktu yang sangat panjang. dan oleh karenanya tidak bisa dicapai secara instan. gus dur telah menjalankan perannya dalam mewujudkan visi tersebut. dan kini adalah giliran murid murid beliau di generasi ini untuk melanjutkan pekerjaan tersebut. kami merasa beruntung. sebab berkat gus dur, kami telah mencapai titik tertentu dimana kami bisa melihat arah yang lebih jelas di depan kami. a dalam pidatonya di forum ajc di washington, gus dur bicara tentang hubungan yang istimewa antara yahudi dan islam yang telah berjalan ratusan tahun. bagaimana anda memandang hubungan ini b hubungan antara islam dan yahudi adalah hubungan yang fluktuatif. terkadang baik, terkadang konflik. hal ini tergantung pada dinamika sejarah yang terjadi. tapi secara umum kita harus mengakui bahwa ada masalah dalam hubungan dua agama ini. dan salah satu sumber masalahnya terletak pada ajaran agama itu sendiri. dalam konteks realitas saat ini, kaum beragama baik islam maupun yahudi perlu menemukan cara baru untuk pertama tama memfungsikan agama dalam kehidupan nyata. dan kedua menemukan interpretasi moral baru yang mampu menciptakan hubungan yang harmonis dengan agama agama lain. a jadi, anda mengatakan bahwa melakukan intrepretasi ulang terhadap teks alquran dan hadits sebagai upaya untuk menghilangkan penghalang bagi terciptanya hubungan baik antara islam dan yahudi adalah sesuatu yang mungkin dilakukan b bukan hanya mungkin, tapi ini sesuatu yang harus dilakukan. karena setiap ayat dari alquran diturunkan dalam konteks realitas tertentu, dalam masa tertentu. nabi muhammad saw. dalam mengatakan sesuatu juga selalu disesuaikan dengan situasi yang ada pada saat itu. sehingga alquran dan hadits adalah pada dasarnya dokumen sejarah yang berisi panduan moral dalam menghadapi situasi tertentu. ketika situasi dan realitasnya berubah, maka manifestasi dari moralitas tersebut sudah seharusnya berubah pula. a lalu, anda dan gus dur selalu menekankan pentingnya memerangi ekstremisme dan mempromosikan pendekatan yang lebih humanis. apakah menurut anda indonesia memiliki sesuatu yang bisa diberikan pada dunia dalam kaitannya dengan hal ini b ini bukan tentang menawarkan sesuatu dari indonesia. karena indonesia sendiri bukannya sudah terbebas dari masalah. kami memiliki masalah kami sendiri. kami memang memiliki semacam kearifan lokal yang membantu masyarakat untuk hidup secara harmonis dalam lingkungan yang heterogan. tapi kami masih punya banyak masalah terkait agama, termasuk islam. apa yang kita hadapi saat ini, apa yang seluruh dunia hadapi saat ini adalah sebuah situasi dimana konflik terjadi di seluruh dunia. dan di dalam konflik konflik ini, agama hampir selalu digunakan sebagai senjata untuk menjustifikasi konflik. sekarang saatnya kita bertanya, apakah kita ingin hal ini berlanjut atau kita ingin memiliki masa depan yang berbeda jika kita ingin hal ini berlanjut, konsekuensinya jelas tidak ada yang bisa bertahan hidup di dalam kondisi seperti ini. jika kita ingin masa depan yang berbeda, kita harus merubah cara kita mengatasi persoalan. saat ini, agama digunakan sebagai justifikasi dan senjata untuk berkonflik. kita, kaum beragama, mesti bertanya pada diri kita sendiri, apakah ini benar benar fungsi yang sebenarnya dari agama atau apakah ada cara lain yang memungkinkan agama berfungsi sebagai sumber inspirasi untuk menemukan solusi dari semua konflik ini dalam pandangan saya, juga pandangan nu, dunia perlu berubah. semua pihak perlu berubah. saya akan menggunakan metafora obat macam apapun tidak akan bisa menyembuhkan pasien diabetes atau jantung, selama si pasien tidak mau merubah gaya hidupnya. salah satu ayat dalam alquran juga menyebutkan innallaha la yughayyiru ma bi qaumin hatta yughayyiru ma bi anfusihim. yang artinya, sesungguhnya allah tidak mengubah keadaan suatu kaum sampai mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. selama ini kita selalu terlibat dalam konflik untuk memperebutkan barang, sumber daya, kekuasaan, apapun itu, dengan tujuan untuk mengalahkan pihak lain. dan pada akhirnya, kita bahkan tidak mampu lagi membedakan bagaimana konflik ini bermula, dan bagaimana seharusnya konflik ini diselesaikan. bagi saya, yang tersisa saat ini adalah sebuah pilihan. sebuah pilihan mendasar yang bisa memberi kita solusi nyata. pilihan itu adalah apa yang kita sebut dalam islam sebagai rahmah. rahmah berarti kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama. kita harus memilih rahmah, karena ini adalah awal dari semua hal baik yang kita selalu idamkan. jika kita memilih rahmah, baru kita bisa berbicara soal keadilan. karena keadilan bukan hanya merupakan sesuatu yang kita inginkan, tapi juga tentang kemauan untuk memberikan keadilan bagi orang lain. jika seseorang tidak memiliki rahmah, tidak memiliki kasih sayang dan kepedulian terhadap orang lain, orang ini tidak akan pernah mau memberi keadilan untuk orang lain. jadi, jika saya harus berseru pada dunia, aku ingin menyerukan pada dunia mari memilih rahmah. a konsep rahman dan rahim memiliki kemiripan dalam yahudi. hal ini mengindikasikan bahwa islam dan yahudi sejatinya memiliki kedekatan dalam spirit dan tradisi keagamaan. pak yahya, kami berterimakasih banyak atas seruan anda untuk memilih rahmah. dan kami harap anda mampu menjadi inspirasi bagi muslim di seluruh dunia. dan kita harap kita bisa mencapai rekonsiliasi dan membawa berkah bagi seluruh masyarakat. dan ajc akan selalu berusaha menjalani peran untuk memfasilitasi rekonsiliasi dan perdamaian sejati. sumber video httpsyoutu.befeeksfniak8. sumber httpsweb.facebook.comgroupsfafhhpermalink657817744550764
Sumber berita : https://turnbackhoax.id/2018/06/14/berita-isi-pidato-yahya-staquf-di-yerusalem-soal-israel-palestina/
built with : https://erahajj.co.id