Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Klaim tersebut tidak benar, pihak RCTI telah menyatakan bahwa layanan Like and Share dan kegiatan-kegiatan yang mengatasnamakan kerjasama dengan RCTI adalah penipuan.

= = = = =

KATEGORI: Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/SxKsS

= = = = =

NARASI:

“Pengumuman terbaru
Kepada semua anggota terhormat dari Like And Share, selamat siang!
Setelah perjanjian direksi resmi ditandatangani, RCTI resmi menjadi
Pemegang saham Likeshare cabang Indonesia,Akan bekerjasama untuk
membuat program seperti “New Indonesian Idol” dan di spot di”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan oleh akun Facebook Riyon Putra Ragil berupa sebuah tangkapan layar yang berisikan pernyataan oleh layanan Like and Share dengan klaim bahwa Like And Share akan bekerja sama dengan RCTI dalam beberapa program salah satunya adalah New Indonesian Idol. Postingan ini disukai sebanyak 4 kali dan dikomentari sebanyak 15 kali.

Berdasarkan dari artikel berita dari inews.id, pihak RCTI memastikan bahwa kegiatan layanan Likeshare maupun Like and Share dan berbagai kegiatan yang mengatasnamakan kerjasama dengan RCTI adalah penipuan dan tidak bertanggungjawab atas penipuan tersebut.

“Kepada para pihak yang merasa dirugikan, agar dapat melaporkan tindakan kriminal tersebut kepada pihak berwajib setempat agar diproses hukum,” bunyi pernyataan pers RCTI, Kamis (12/11/2020).

Layanan LikeShare sendiri adalah aplikasi berbasis website yang dapat diakses melalui browser yang diklaim dapat menghasilkan uang dengan cara menyebarkan dan menyukai konten tertentu pada aplikasi tersebut. Penelusuran aplikasi LikeShare ternyata berpusat di Malaysia dan tidak beroperasi di Indonesia, aplikasi LikeShare Indonesia juga tidak ditemukan di App Store dan PlayStore.

Melihat dari penjelasan tersebut, layangan Like and Share bekerja sama dengan RCTI dalam beberapa program adalah tidak benar dan termasuk dalam Konten Tiruan/Imposter Content

= = = = =

REFERENSI:

https://techno.okezone.com/read/2020/11/12/16/2308500/rcti-kegiatan-like-and-share-adalah-penipuan
https://www.inews.id/news/nasional/pengumuman-ada-yang-bikin-hoaks-tentang-rcti-rcti-kegiatan-like-and-share-penipuan
https://nasional.sindonews.com/read/229658/15/rcti-tegaskan-kegiatan-like-and-share-adalah-penipuan-dan-hoaks-1605168710