Hasil Periksa Fakta Konaah (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta).

Informasi tersebut tidak benar. Faktanya,  video serupa ditemukan pada channel YoutubeFeri Septian yang berjudul “Yel-yel brimob acara hut bhayangkara ke 71 monas”yang diunggah pada 23 Juli 2017. Video tersebut merupakan HUT Bhayangkara ke-71yang digelar di Lapangan Silang Monas pada 10 Juli 2017, sehingga tidak adaketerkaitan dengan persiapan untuk menghalau demo.

= = =

Kategori: Konten yang Salah

= = =

Sumber: Facebook

https://archive.vn/6phVN

= = =

Narasi:

“Persiapan untuk menghalau demo ga jelas kelompok perusuhbesok…”

= = =

Penjelasan:

Akun Facebook Dilla Raya mengunggah video dengan durasi 2.20pada 12 Oktober 2020. Video tersebut memperlihatkan pasukan Brimob sedangmenampilkan yel-yel dari masing-masing batalyon, dan pada unggahan tersebutjuga disertai keterangan “Persiapan untuk menghalau demo ga jelas kelompokperusuh besok…”. Unggahan tersebut ramai mendapat tanggapan dan telah dibagikansebanyak 347 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Berdasarkan hasil penelusuran, video serupa ditemukan padachannel Youtube Feri Septian yang berjudul “Yel-yel brimob acara hutbhayangkara ke 71 monas” yang diunggah pada 23 Juli 2017. Diketahui bahwa videotersebut merupakan acara Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-71 yang digelar diLapangan Silang Monas pada 10 Juli 2017.

Dengan demikian, unggahan Dilla Raya dengan klaim “Persiapan untuk menghalau demo ga jelas kelompok perusuh besok…” diketahui tidak ada keterkaitan dengan persiapan untuk menghalau demo dan masuk dalam konten yang salah.

= = =

Referensi: