Hasil Periksa Fakta Rizky Maulana (Universitas Bina SaranaInformatika).

Faktanya, video yang diunggah akun Facebook Mangkok Sapujagattidak ada kaitannya dengan demo menolak UU Cipta Kerja. Video tersebut sempatviral di media sosial pada tahun 2019 terkait dugaan bagi-bagi uang setelahkegiatan kampanye akbar salah satu pasangan calon presiden di lapangan KONIBelitang.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

=====

Kategori: Konten Yang Salah

=====

Sumber: Facebook

https://archive.vn/OVYnG

=====

Narasi:

“Terang Benderang! Ini Bukti Aksi Demo Tolak UU Cipta KerjaMerupakan Aksi Bayaran Bukan Gerakan Murni” unggah akun Facebook MangkokSapujagat, Jumat (9/10).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Mangkok Sapujagat mengunggah video dengan durasi37 detik pada Jumat (9/10). Video tersebut memperlihatkan seseorang yangmenggunakan masker, topi dan kemeja putih sedang membagikan uang, diikutinarasi bahwa video tersebut adalah aksi demo menolak UU Cipta Kerja, jugamengklaim bahwa aksi demo yang dilakukan merupakan aksi bayaran bukan gerakanmurni. Video itu telah dibagikan sebanyak 2,9 ribu kali dengan jumlah 10 ribukomentar dan total 4,5 ribu suka.

Melalui penelusuran dengan menggunakan mesin pencari YandexImage, video serupa pernah tayang di channel Youtube BELITANG TV dengan judul“Maraknya Money Politik” yang diunggah pada Selasa (9/4/19).

Dari hasil penelusuran lebih lanjut, foto yang mirip dengankondisi pada video yang diunggah akun Facebook Mangkok Sapujagat muncul padaartikel milik sumselupdate.comyang diunggah pada 8 April 2019 dengan judul “Video Diduga Bagi-bagi Duit diBelitang Viral, Bawaslu OKU Timur Segera Ambil Tindakan”, potongan fototersebut juga muncul pada artikel milik sumsel.tribunnews.comdengan judul “Beredar Video Bagi-duit Pecahan Rp 50 Ribu di OKU Timur, BawasluLangsung Investigasi”.

Berdasarkan referensi dan penjelasan tersebut, maka dapatdisimpulkan bahwa video yang diklaim bukti bahwa aksi demo tolak UU Cipta Kerjamerupakan aksi bayaran bukan gerakan murni adalah tidak benar dan masuk kedalam kategori konten yang salah.

=====

REFERENSI:

https://sumselupdate.com/video-diduga-bagi-bagi-duit-di-belitang-viral-bawaslu-oku-timur-segera-ambil-tindakan/

https://sumsel.tribunnews.com/2019/04/08/beredar-video-bagi-duit-pecahan-rp-50-ribu-di-oku-timur-bawaslu-langsung-investigasi